Jumat, 26 Juli 2013

Manajemen keuangan




A.      Pengertian
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS5sLJFIuJYfZqR3PfsrobD9_OZ1z5W4ZfCJBC48PX42kONPc2R
     Mulai hari ini saya ingin mengulas mata kuliah ini habisnya nilainya jelek baik di mulai dengan pengertiannya manajemen berasal dari dua kata yaitu manajemen dan keuangan, nah dmana manajemen diartikan sebagai mengelola , mengatur, menjaga atau memelihara sesuatu dengan menggunakan suatu konsep atau cara tertentu untuk menjaga kegiatan ataupun aktivitas tetap teratur untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan  keuangan adalah hal” mengenai uang baik itu berupa uang asli yang umum digunakan, saham, obligasi, kartu kredit debet ataupun yang lainnyayang merupakan suatu dana.
"Jadi pengertian manajemen keuangan adlah mengelola atau menjaga hal” mengenai finance/keuangan suatu perusahaan baik itu perseroan terbatas, cv, perseroan umum, dll agar dapat terkoordinir untuk suatu tujuan perusahaan tertentu."
Walau terkadang manajemen  keuangan  juga ada diluar perusahaan tapi yang paling umum biasanya di perusahaan salah satunya manajemen yg mengelola uang koperasi dan masih banyak lgi.

B.      Fungsi manajemen keuangan 

"Fungsi manajemen keuangan adalah kegiatan menggunakan dana dan mencari pendanaan."
 
     Seseorang yang melakukan hal ini dsebut manajer keuangan, mengenai hal yang berhubungan dengan mencari dana biasanya para manajer sangat perlu memperhatikan dua unsur utama yaitu:
1.       Biaya dan persyaratan untuk mendapatkan dana
2.       Jangka waktu dana yang dipergunakan,
Untuk memperoleh dana itu manajer perlu pergi ke pasar keuangan yang bentuknya bisanya saham, atau obligasi. Dengan menggunakan dana tersebut sebagai suatu investasi serta mendanai kegiatan perusahaan seprti membeli mesin, merk dagang, patent, dsb. Secara garis besar kegiatan memperoleh dana adlh menerbitkan aktiva financial dan menggunakan dana adalah suatu investasi.

C.      Tujuan manajemen keuangan
"Secara normative manajemen bertujuan untuk memaksimumkan nilai perusahaan."

  Perlu diingat bahwa memaksimumkan nilai perusahaan bukan berarti meninggikan harga saham/ EPS hal ini disebabkan  EPS mementingkan harga pda saat ini, dan mengabaikan nilai waktu uang dan tidak memperhatikan factor resiko. Namun memaksimumkan nilai  perusahaan identic dengan memaksimumkan laba ekonomi (economic profit) hal ini karena jumlah kekayaan yang bias di konsumsikan tanpa membuat pemilik kekayaan menjadi miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar